Thursday, June 10, 2010

Hutang Jangka Pendek dan Hutang Jangka Panjang

Beberapa hari yang lalu Aya mendapati permasalahan untuk hutang piutang. Dengan pembanding penghasilan yang kita punya. Berikut Aya akan membahas bagaimana positif dan negatifnya antara Hutang Jangka Panjang dan Hutang Jangka Pendek. Tapi pertama Aya akan membahas pengertian dari Hutang Jangka Panjang dan Hutang Jangka Pendek.

Hutang jangka pendek, yaitu utang yang harus segera dilunasi, paling lambat umur dari utang ini satu tahun atau 1 periode akuntansi, misalnya 1 januari 2009 - 31 Desember 2009.
Yang termasuk Hutang jangka pendek di antaranya:

1. Hutang Wesel/Wesel Bayar: yaitu wesel yang harus kita bayar kepada pihak lain yang pernah kita berikan kepadanya. Biasanya umur utang wesel adalah 30 hari, 60 hari, atau 90 hari.

2. Hutang Dagang (Account Payable): ialah utang kepada rekanan (suplier) yaitu utang dalam rangka kegiatan perusahaan, atau utang ini terjadi karena membeli barang yang belum dibayar.


3. Biaya-biaya yang harus dibayar: yaitu biaya-biaya yang belum kita lunasi dalam periode pembukuan tertentu. Misalnya utang gaji, utang upah dan utang-utang biaya lainnya.

Hutang jangka panjang (long term liabilities) Yang termasuk utang ini adalah semua utang yang pembayarannya relatif lama. Seperti utang obligasi (bond payable), utang hipotek (mortage payable) dan sebagainya.

Nah berikut ini akan Aya bandingkan segi positif dan segi negatifnya untuk kedua jenis Hutang tersebut:

Segi Positif :
A. Hutang Jangka Panjang
1. Kita akan mempunyai waktu cukup untuk mengumpulkan dana.
2. Kita akan mempunyai kesempatan untuk berfikir peluang usaha yang bisa kita gunakan sebagai tambahan angsuran atau bahkan bisa melunasinya.
3. Cicilan pokok pinjaman cenderung kecil, dikarenakan pembagi pokok pinjaman (waktu cicilan) terlalu besar.
B. Hutang Jangka Pendek
1. Kita tidak perlu khawatir untuk dana pembayarannya. Karena waktu yang cukup singkat biasanya kita bisa memperkirakan seberapa besar kemampuan kita untuk dapat melunasi hutang tersebut tanpa harus mengganggu kestabilan keuangan rumah tangga, badan, ataupun pribadi.
2. Bunga yang timbul dalam hutang jangka pendek cenderung lebih kecil. Karena pengali (waktu pengambilan hutang) kecil.

Segi Negatif :
A. Hutang Jangka Panjang
1. Kita harus membayar besaran bunga yang lebih banyak sesuai dengan jangka waktu yang kita ambil untuk pelunasan. Meski jumlah bunga terlihat lebih kecil dibanding dengan pokok, tetap saja total akhir bunga tersebut diakhir periode pelunasan akan sangat besar. Dikarenakan pengali (waktu pengambilan hutang) terlalu besar. Meskipun tergantung juga masalah besar % dari bunga
2. Bila terdapat pengurangan segi pemasukan pada tahun kedua pengambilan Hutang ini akan bahaya. Karena kita sudah berurusan dengan yang namanya ketidakseimbangan financial yang bisa berakibat buruk bagi kestabilan financial rumah tangga, badan, ataupun pribadi.

B. Hutang Jangka Pendek
1. Kita tidak mempunyai banyak kesempatan untuk mencari peluang usaha yang bisa kita jalani untuk membantu membayar angsuran tersebut.
2. Cicilan pokok pinjaman cenderung besar, dikarenakan pembagi pokok pinjaman (waktu cicilan) terlalu kecil.

Menurut Aya dari kedua Hutang tersebut lebih mudah adalah Hutang Jangka Panjang dengan catatan
1. Kita bisa memanage keuangan kita.
2. Usahakan kita bisa melunasi pada angsuran 50% dari pokok nya. Disini biasanya pihak pemberi hutang biasanya akan mengenakan penalty berkisar 8% dari sisa hutang tersebut.
Keunggulannya menurut Aya adalah tahun pertama kita bisa mencicil hutang tersebut dengan cicilan ringan dan dengan bunga kecil. Dan dengan cara ini ternyata kita bisa lebih menekan dana untuk pembayaran bunga.

Selama ingin mengambil hutang usahakan kita memilih bunga flat atau tetap tiap tahunnya. Jadi disaat suku bunga bank naik kita tidak akan terpengaruh. Meski nantinya padasaat suku bunga naik bunga kita tetap pada % yang dulu.

Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang bimbang mau mengambil Kredit.

2 comments:

  1. terima kasih pak ilmunya, semoga berkah :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sangat bermanfaat~

    ReplyDelete